Rabu, 18 Mei 2011

Tips Agar Komputer Cepat Seperti Baru

Saat kamu membeli sebuah perangkat komputer baru tentu saja kamu pasti senang dan suka akan kecepatan komputer tersebut, ketangguhannya dalam menjalankan program, kecepatan pada saat start up, dan loading website yang tangguh jika sedang berinternet ria. Akan tetapi sangat menjengkelkan jika lama kelamaan PC yang terbeli dulunya tiba-tiba mulai lemot dan kerasa seperti komputer tua. Pada artikel sebelumnya tentang Tips untuk Mempercepat Kinerja Komputer telah dijelaskan bahwa usia PC juga merupakan salah satu dari penyebab lambatnya performa komputer.

Pasti diantara kamu sering bertanya “Apa sebenarnya penyebab komputer bisa lambat?“. Jawabannya sangat simple, kamu tidak perlu harus menjadi pakar IT atau tech geek untuk memahami dan mencari solusi penyebab komputer tersebut terasa lambat.

Pada kebanyakan kasus, sebenarnya hal tersebut bukan merupakan kesalahan hardware. Software lah menjadi dalang utama penyebab lambatnya komputer tersebut. Semakin banyaknya program atau software yang terinstal dan berjalan di komputer, maka semakin berat pula kinerja sebuah PC.

Ada 2 buah landasan utama yang menyebabkan PC berjalan lambat; “Error yang terletak pada Registry” juga disebabkan oleh “Spyware & Virus”.

A. Regisrt Errors:

Perlu kamu ketahui, bahwa setiap PC selalu mengupdate registrynya setiap kali ada program, software, game, atau applikasi lain yang sedang beroperasi. Walaupun program, game dan file applikasi tersebut telah kamu hapus, biasanya registrynya tetap tersimpan. Dengan registry yang tersisa, komputer akan terus melakukan eksekusi operasi terhadap program yang telah terhapus sebelumnya, hal inilah yang menyebabkan terjadinya Error pada registry, dan berujung pada lambatnya operasi komputer tersebut.



Untuk mengantisipasi registry error kamu bisa menggunakan software ARO 2011. Software ini akan melakukan scan, mengidentifikasikan dan memperbaiki registry error dan memberikan rasa nyaman saat kamu menggunakannya Komputer Cepat Seperti Baru.


B. Spyware dan Virus

Spyware dan Virus merupakan program jahat yang berjalan pada komputer tanpa sepengetahuan kamu. Beberapa karakteristik dari spyware dan virus tersebut adalah:

   1. Mengganti default halaman home page atau search engine pada browser kamu
   2. Mencuri data informasi pribadi seperti pasword, username, info bank atau credit card.
   3. Menampilkan pop up iklan yang keluar pada halaman desktop komputer.

Pada kebanyakan kasus, virus tersebar dari beberapa file yang kita download di internet atau melalui email. Spyware dan Virus ini mengkonsumsi proses cpu yang tinggi yang mengakibatkan komputer akan terasa lebih lambat.

Beberapa Tips:

  •     Jangan pernah mendownload software atau program yang tersebar gratis dari beberapa penyedia yang tidak kamu ketahui atau percaya.
  •     Emoticon berupa icon smiley dan juga screensavers bisanya juga mengandung virus.
  •     Jangan langsung membukan attachment yang ada pada email kecuali jika kamu mengenal pengirim email tersebut.
  •     Solusi yang paling aman ialah selalu menginstall antivirus atau antispyware dan melakukan update antivirus secara rutin.

Kamu juuga bisa melihat beberapa Tips untuk Mencegah dan Mengatasi Virus pada PC untuk membantu menjaga agar PC kamu jauh terhindar dari Virus.

0 komentar:

Posting Komentar

jan lupo komentar nyo yo sanak,komentar sanak sangaik barati untuk kami,,supayo labiah giat untuak baraja,tarimo kasih :)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More