Selasa, 09 Agustus 2011

Cara Mengatasi Situs Web yang tidak bisa terbuka

Apakah Anda pernah mengalami tidak bisa membuka situs web tertentu ? bahkan Anda sudah mencoba clear cookie dan cache di browser bahkan sudah restart pc dan modem namun masih tidak bisa membukanya.

Tentu hal ini sangat mengganggu bukan ? apalagi jika Anda full sebagai pe bisnis internet.
Hal ini sering sekali membingungkan terutama bagi yang awam seputar DNS.
Berikut adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut.

• Yang pertama kali harus dilakukan adalah cek kondisi server Anda terlebih dahulu apakah dalam kondisi up atau sedang down,? caranya tentu lakukan ping ke server Anda, bisa menggunakan software atau menggunakan dos prompt di pc Anda, jika di xp klik star menu kemudian accesories kemudian klik Comman Prompt kemudian ketik Ping ipserveranda (IP server bisa ditanyakan ke penyedia hosting Anda) kemudian Enter, jika hasil ping Request Time Out, Anda jangan otak-atik yang lain dahulu mendingan langsung hubungi pihak penyedia hosting/server Anda.

• Jika hasil dari ping bertuliskan reply berarti server/hosting sedang up nah jika sedang up berarti kendala tidak bisa di akses nya web Anda bukan dari hosting/server berarti masalahnya dari koneksi Anda yang tidak/belum meresolved nama domain yang Anda gunakan.

• Jika server sedang up tapi tidak bisa diakses kemudian Anda bisa cek masuk ke web Anda dengan menggunakan proxy, banyak sekali proxy yang bisa kita gunakan salah satu contohnya ninjacloack

• Anda bisa juga merubah DNS di seting koneksi pada PC, DNS yang bisa digunakan sangat banyak misalnya coba gunakan Open DNS dengan DNS 208.67.222.222?? 208.67.220.220.

Pertama klik star menu->Control Panel->Network Connections->klik kanan pada Local Area Connection dan pilih Propertis kemudian di tab General pilih Internet Protocol (TCP/IP) kemudian klik propertis

Lalau klik ok dan ok, Anda bisa restart pc dan modem terlebih dahulu namun biasanya tanpa di restart pun sudah bisa, jangan lupa untuk clear cookie dan cache pada browser, jika menggunakan fire fox klik menu tools->clear recent hostory dan pilih everything dan klik ok.

Pada umum nya denga menggunakan DNS dari Open DNS Anda sudah bisa mengakses situs yang sebelum nya tidak bisa dibuka disebabkan karena hal-hal yang saya terangkan pada poin pertama.

Untuk penggantian DNS sebenarnya sangat banyak, misal jika menggunakan Speedy Anda bisa serach di google dengan kata kunci DNS speedy.

Hal terakhir jika masih tetap tidak bisa membuka situs tertentu adalah segera hubungi pihak ISP ( penyedia koneksi ) Anda dan ceritakan keluhan yang Anda hadapi.

1 komentar:

saya mau tanya nih mas admin, mana yg lbih cepat akses klau kita pake dns google daripada open dns?

Posting Komentar

jan lupo komentar nyo yo sanak,komentar sanak sangaik barati untuk kami,,supayo labiah giat untuak baraja,tarimo kasih :)

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More